Kamis, 10 September 2015

Ada Fitur Baru dari BBM untuk Paket Stiker Berlangganan



Memang menyenangkan ya menggunakan stiker saat chatting dengan orang lain. Serupa dengan emoji yang sudah lama digunakan banyak orang tetapi stiker lebih besar dan ada animasi tertentu. Baik itu berupa gerakan atau suara yang lucu. Sebelumnya stiker lebih banyak ditemukan pada aplikasi chatting seperti WeChat, BBM, Facebook Messenger, LINE, dan masih banyak lagi yang lainnya. Banyak di antara stiker yang bisa didapatkan secara gratis tapi tak sedikit pula yang harus membayar untuk mendapatkannya.

Satu di antara banyak aplikasi yang menyediakan stiker berbayar adalah BBM. Tetapi sekarang sepertinya Blackberry nampaknya mencoba menghasilkan pendapatan melalui stiker dengan menyediakan fitur berlangganan. Di dalam aplikasi BBM ada BBM Shop yang menyediakan pilihan 'Subscribe'. Saat diklik pilihan berlangganan tersebut, BBM akan memberikan keterangan bahwa dibutuhkan BBM versi yang lebih baru lagi untuk menggunakannya. Ini menunjukkan bahwa ada kemungkinan fitur itu bisa digunakan di versi yang lebih tinggi.

Stiker memang bisa membuat pengguna memberikan kesan yang lucu dan juga unik. Apalagi untuk pengguna yang suka dengan karakter yang ada di stiker BBM. Sepertinya fitur ini akan cocok sekali untuk didapatkan. Sayangnya fitur untuk berlangganan ini belum tersedia untuk pengguna di Indonesia.

Namun mengingat pengguna BBM penyumbang yang cukup besar datangnya dari tanah air ada kemungkinan juga Blackberry akan segera menyediakan fitur berlangganan ini untuk pengguna BBM di Indonesia. Setelah BBM menyediakan fitur iklan bagi banyak perusahaan online yang ingin menyasar konsumen melalui BBM. Dengan mudah di beberapa versi yang cukup tinggi iklan berbayar bisa kelihatan. Walaupun pengguna juga bisa memilih untuk tidak menampilkan iklan dengan mengatur lini masa BBM miliknya atau bisa menolak iklan dengan berlangganan pula.


Semuanya kembali pada pengguna, apakah tetap tertarik untuk menggunakan BBM atau mulai ingin beralih ke layanan pesan yang lain? Sebab sekarang semakin banyak saja penyedia layanan perpesanan yang bisa digunakan di smartphone dan cukup membayar menggunakan paket data saja.