Jumat, 11 September 2015

Tablet Tampan Si iPad Mini 4



Apple akhirnya memberikan pengumuman mengenai iPad mini generasi baru bersamaan dengan mengumumkan iPhone terbaru, iPad Pro, dan juga iPencil. Generasi ke-empat ini punya banyak perbedaan dibandingkan iPad mini yang sebelumnya tetapi sangat mirip dengan kekuatannya dengan iPad Air 2.

Dari sisi desain, iPad Mini 4 ketebalannya 6,1 milimeter saja. Dibandingkan dengan pendahulunya iPad mini memang lebih langsing. Sebab ketebalan iPad Mini 3 adalah 7,5 milimeter. Dari sisi berat juga lebih ringan 37gram dibandingkan kakaknya tersebut. Sebab iPad Mini 4 hanya berbobot 294 gram.

Screen yang diusung oleh iPad Mini 4 adalah zero-gap screen. Ini berarti sensor, LCD, dan juga layarnya digabungkan menjadi satu bagian kemudian ditutup dengan kaca. Ini membuat tampilannya terlihat lebih tampan dan punya kualitas gambar 1048 x 1536 piksel yang membuat mata penggunanya lebih nyaman. Belum lagi respon layar sentuhnya menjadi lebih baik.

Dalam mengolah tugas iPad Mini 4 ternyata bisa bekerja 30% lebih cepat dan mengolah grafis bisa 60% lebih cepat jika dibandingkan iPad pendahulunya. Ini disebabkan oleh chipset A8 yang memiliki perbedaan dengan chipset A7 yang tidak begitu mampu bekerja dengan baik diresolusi layar yang tinggi.

Sekarang pindah ke kamera belakangnya yang sebesar 8 mega piksel yang bisa menangkap gambar 3264 x 2446 piksel dan bisa merekam video HD hingga 1080 piksel. Pembaharuan chipset juga memberikan pengaruh dalam pedeteksian wajah dan pengurangan noise. Sedangkan kamera depannya sendiri Apple masih membenamkan kamera 1,2 mega piksel yang serupa dengan iPhone 6. Apple juga mengklaim iPad Mini 4 bisa bertahan hingga 10 jam.


Harga iPad Mini 4 yang berkapasitas 16GB dihargai Rp5,7juta. Sedangkan iPad Mini 64GB dan 128GB harganya Rp7,1juta dan Rp8,5juta masing-masing.