Minggu, 17 Januari 2016

Apa hard disk berkapasitas paling besar ?

Harddisk pada saat sekarang ini memiliki ukuran yang dapat dikatakan kecil, akan tetapi kemampuannya yang sangat luar biasa. Jenis hard disk terdiri dari hard disk biasa, hard disk solid state (SSD), atau hard disk solid state hibrida (SSHD).
Apabila Anda sedang mencari hard disk yang tipis dan juga berkategori canggih,maka terdapat sebuah SSD dari Fixstars yang mana hard disk solid state (SSD) yang berkapasitas terbesar di dunia, yakni mencapai 13 TB (Terabyte). Dengan ukurannya yang hanya 6,35 centimeter saja, SSD ini akan cukup masuk ke dalam komputer Anda dengan sangat leluasa.
Hard disk ini dapat membaca data hingga menembus kecepatan mencapai 540 MB (MegaByte) per detiknya serta menyalin data hingga mencapai 520 MB per detik. Terdapat juga sistem kontrol suhu untuk dapat memastikan jika panas yang ditimbulkan tak sampai merusak hard disk itu sendiri.
Apabila 13 TB dirasa sangat besar, Fixstars juga akan menyediakan SSD yang lebih kecil, yakni 10 TB di awal tahun 2016 ini. Tahun lalu, perusahaan ini juga sempat memproduksi SSD 6 TB pertama di dunia, yang akhirnya dikalahkan sendiri dengan SSD terbarunya saat ini.
Mengenai harga, hard disk ini dibanderol dengan harga 13.000 dollar atau jikalau dirupiahkan sekitar Rp 180 juta. Dengan harga semahal ini, sepertinya hard disk yang satu ini ditujukan bagi perusahaan-perusahaan berkategori besar yang ingin menyimpan data dalam jumlah sangat besar.