Sabtu, 09 Januari 2016

Pada tahun 2017, semua smartphone memiliki charger yang sama

Akhir-akhir ini di kawasan Eropa, telah banyak yang mencanangkan bahwasannya semua produsen smartphone haruslah mematuhi dalam menciptakan smartphone dengan charger yang bersifat universal. Usulan yang satu ini dilihat dari banyaknya baterai- baterai smartphone yang tak dapat bertahan dengan waktu yang lama, sementara masih ada kesenjangan antara iOS dan juga perangkat lain.
Seperti yang telah kita ketahui, Apple hingga pada saat ini masihlah mempertahankan Lightning port, sedangkan untuk produsen lainnya menggunakan charger micro USB.
Himbauan yang satu ini bukanlah hanya di Eropa saja, akan tetapi juga di Negara Swiss dan juga negara-negara lainnya akan menginginkan pengisian daya smartphone yang bersifat universal pada tahun 2017 nanti. Akan tetapi sayangnya, belum terdapat kesepakatan apakah jenis charger standar yang dapat digunakan oleh semua smartphone. Meskipun dapat menjadi jawabannya ialah micro USB sebab paling banyak digunakan oleh smartphone pada saat sekarang ini.
"Upaya dalam standarisasi yang telah ditetapkan dalam dasar hukum yang baru, antara lain yakni telepon seluler dan juga perangkat lainnya haruslah kompatibel dengan charger yang bersifat universal paling lambat yakni paa pertengahan tahun 2017 nanti. Langkah yang satu ini dalam upaya mengurangi jumlah limbah elektronik sebab charger yang berbeda-beda," ucap siaran pers pemerintah Negara Swiss.
Apple sendiri yang mana menggunakan jenis charger paling berbeda telah menyepakati atas usulan yang satu ini dengan menawarkan adapter micro USB yang akan cocok dengan perangkat masa depan.