Senin, 22 Februari 2016

OS terbaru dari Android





Marshmallow, merupakan generasi terbaru sistem operasi Android, yang telah diluncurkan di pasaran selama kurang lebih 4 bulan lalu. Namun kehadiran sistem operasi ini yang diambil dari sebuah nama makanan manis tersebut, hanya sedikit perangkat.
Sejak rilis pada awal Oktober lalu, Android versi 6.0 Marshmallow hanya ada di 1,2 % perangkat Android. Data ini didapat dari statistik yang dibuat oleh salah satu anak perusahaan Google yaitu Android Developer Dashboard
Walaupun persentasenya kecil, perkembangan yang cukup signifikan terjadi pada bulan januari lalu. Jumlahnya naik nenjadi 0,7 % dari bulan sebelumnya, yang hanya setengah persen dari pengguna Android yang menggunakan OS Marshmallow.
Tingkat pemakaian yang cukup rendah dikarenakan proses penyempurnaan OS tersebut memang membutuhkan waktu cukup lama. Produsen smartphone harusnya menguji cobakan versi terbaru dari software tersebut pada semua perangkat, sebelum software tersebut diluncurkan ke pasaran. Para pengguna smartphone pun akhirnya harus menunggu waktu cukup lama supaya sistem operasi tersebut dapat bekerja dengan sempurna.
Selain itu pula,para produsen smartphone harus meng update berbagai macam aplikasi untuk setiap versi Android yang berbeda – beda secara terus menerus.

Baru beberapa produsen smartphone yang mengaplikasikan Marshmallow pada perangkatnya. Salah diantaranya adalah Google Nexus 5X , Nexus 6P, LG G4, Galaxy S6 dan S6 Edge dari Samsung. Sangat sedikitnya smartphone yang berisi OS Marshmallow, membuat para pengembang juga masih enggan untuk mengembangkan terlalu banyak aplikasi yang mendukung sistem OS tersebut.