Selasa, 23 Februari 2016

Teknologi smartphone tanpa sentuh


Teknologi tak akan pernah berhenti berinovasi. Pasti kita menggangap bahwa layar sentuh yang ada pada smartphone kita sudah canggih. Namun pada kenyataannya tidak. Dikarenakan teknologi pada layar sentuh masih bisa dikembangkan menjadi lebih canggih lagi.
Sekarang sedang dikembangkan teknologi yang gunanya untuk mengontrol smartphone, tanpa menyentuhnya. Kita cukup menggerakkan tangan kita, di atas layarnya. Teknologi ini diberi nama "Proximity and multi-touch sensor detection and demodulation" teknologi tersebut telah dipatenkan oleh pabrikan Apple, di kantor Patent dan Trademark di Amerika Serikat. Teknologi ini merupakan sensor yang bisa mendeteksi posisi dan gerakan jari yang berada di atas layar. Perangkat Smartphone akan bereaksi dari pergerakan tangan kita, tidak harus menyentuh layar smartphone kita.
Teknologi canggih ini merupakansalah satu tanda lahirnya cara baru menggunakan smartphone atau tablet Apple. Sensor melayang ini diperuntukan mengikuti teknologi canggih yang sebelumnya diperkenalkan produsen Apple, seperti aplikasi fitur 3D Touch yang dapat merespon sentuhan lembut di layar secara maksimal.

Teknologi ini juga akan dikembangkan di perangkat lain, seperti komputer, laptop, ATM dan mesin pembeli otomatis. Dengan adanya teknologi ini, smartphone bisa lebih spesifik dalam mengerjakan hal-hal yang normalnya dilakukan dalam beberapa tahapan. Kombinasi layar sentuh dan sensor pergerakan tangan, bisa memaksimalkan fungsi fitur tambahan yang sebelumnya tidak tersedia di layar sentuh.