Selasa, 05 April 2016

Waspada! Peralatan Elektronik Murah dengan Kualitas Bodong!


Semua peralatan yang menggunakan energi listrik disebut barang elektronik, meliputi televisi, radio, kulkas, mesin cuci dan  banyak lagi. Untuk membeli barang-barang tersebut anda perlu mengeluarkan dana lebih karena harganya cukup mahal. Namun dewasa ini banyak bermunculan beberapa toko online yang menawarkan elektronik murah. Perlu diwaspadai, barang tersebut bisa saja merupakan black market dan tidak memiliki ijin. Sebagian dari mereka biasanya secara terang-terangan menyebutkan bahwa tokonya menjual barang BM (black market). Akan tetapi yang jauh lebih mengerikan, apabila tidak menyebutkan kondisi sebenarnya.

Barang yang ditawarkan memiliki kualitas BM, namun harga jualnya setara kualitas barang asli. Semua kelengkapan di dalam kardus, atau bahkan kardus itu sendiri adalah barang tembakan atau aspal (asli tapi palsu). Sebagai pembeli kita dituntut cerdas dan bijak dalam memilih serta melihat kualitas. Barang yang dijual sebagai BM hanya memiliki 1 keuntungan bagi pembelinya yaitu murah, tentu saja dengan kualitas yang rendah. Masih banyak kerugian yang akan anda dapatkan apabila membeli barang BM. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Barang gagal produk
Sulit dipercaya, barang dengan kualitas kelas 1 dijual dengan harga sangat murah, karena kita percaya bahwa harga membawa rupa, baik kualitas ataupun tampilan. Penjual biasanya memberikan rayuan harga elektronik murah dan kualitas baik, sering kali konsumen terkecoh tanpa memikirkan kualitas. Kata murah bisa menjadi magnet yang luar biasa bagi pembeli, terutama yang gila belanja. Perlu diwaspadai dengan penjual yang menawarkan kata murah, miring, diskon terhadap barang yang dijual khususnya elektronik, karena jenis barang ini yang sering dibidik BM. Barang BM sebagian besar merupakan produk gagal yang seharusnya tidak dijual pabrik, namun oleh sebagian oknum dimanfaatkan untuk meraup keuntungan.

Tidak ada garansi
Garansi sangat di perlu apabila terjadi hal yang tidak diinginkan menimpa barang elektronik yang kita miliki. Dari sekian banyak alat elektro yang diproduksi di pabrik, tidak ada satu pun yang tahu apa yang akan terjadi pada barang tersebut nantinya, baik karena kesalahan mesin ataupun pada saat pembuatan. Disinilah pentingnya peran garansi, karena bisa memberikan jaminan kepuasan bagi pelanggan dengan mengembalikan barang tersebut atau servis gratis. Akan tetapi, hal ini tidak terjadi pada barang BM. Seperti sudah diterangkan di atas bahwa BM sebagian besar merupakan produk gagal, tentunya banyak kelemahan yang dimiliki dan tidak awet. Adanya garansi seharusnya sangat dibutuhkan bagi barang elektronik dengan kondisi seperti ini, namun kenyataannya dengan membeli BM, tidak ada jaminan apapun dan anda berspekulasi.

Ditolak servis center
Dengan kondisi abal-abal tersebut akan sering terjadi kerusakan yang menimpa pada barang elektronik anda. Jika anda membawanya pada servis center sesuai dengan merek produk yang anda miliki, secara otomatis pasti ditolak, karena tidak memiliki kartu garansi dan nomor seri pada barang tersebut tidak valid. Akan tetapi, jika dibawa ke tempat servis pada umumnya, mereka akan kesulitan mencari spare part yang cocok untuk barang elektronik anda. satu-satunya jalan yang dilakukan biasanya dengan melakukan cannibal atau memaksa suku cadang yang tidak seharusnya dipasang namun sesuai.

Memang tidak semua BM mengalami hal buruk seperti yang dituliskan di atas, namun akan lebih baik jika anda membeli barang elektronik di toko yang sudah terjamin kualitasnya, karena selain akan merasa aman, anda juga tidak lagi berspekulasi tentang kondisi barang yang dibeli. Jadilah pembeli yang cermat dan tidak mudah dibohongi dengan iming-iming elektronik murah, miring atau diskon besar-besaran.