Kamis, 16 Juni 2016

Kue Bolu




Kue bolu adalah kue yang sangat umum kita temukan kapan saja dan di mana saja. Banyak sekali orang yang bisa membuat bolu walaupun rasanya tentu bervariasi. Apalagi ada yang menggunakan bahan dasar yang berbeda. Terutama jumlah telur ya. Jumlah telur sangat berpengaruh sama rasa kue bolu yang dihasilkan. Banyak sekali orang yang bisa membuat kue bolu yang enak. Saya juga dulu suka bikin kue bolu. Satu di antaranya kue bolu nanas. Jadi kue bolu yang pake selai nanas gitu.

Teman-teman tahu kan kue bolu? Mastikan aja nih takutnya ada yang nggak tahu soal kue bolu yang mana. Pokoknya kue bolu yang itulah. Kalo di kampung saya sebutannya buah hulu. Asal nama bolu apakah dari kata buah dan hulu? Karena disebut dengan cepat jadinya bolu? Kali aja sih. Saya kurang tahu kalo soal nama aslinya. Cuma resep kue bolu yang saya tahu selama ini, yang standar sih ya cuma tiga bahannya. Bukan bolu modern sih tapi buah hulu yang banyak disediakan di warung-warung di kampung saya dengan bentuk lucu karena cetakannya kecil-kecil.

Bahan kue bolu yang saya sering buat dulunya itu hanya telur, gula, dan tepung. Takarannya? Tidak perlu ditimbang tetapi menggunakan mangkok atau wadah tertentu dan ajaibnya buah hulu ini takarannya sama setiap bahannya. Jadi kalo tepungnya satu mangkok begitu juga telur dan gulanya harus sama takarannya. Terus dulu itu buah hulu alias kue bolu yang saya buat punya trik khusus supaya kembangnya sempurna nggak bantet. Jadi tepungnya harus dimasukkan sebelum kuenya dipanggang. Kalo masih lama baru dipanggang tepungnya jangan dimasukkan. Itu sebabnya adonan gula dan telurnya diambil sedikit terus dikasih tepung dan langsung dipanggang di cetakan yang sudah panas.

Sekarang kue bolu juga ditambah berbagai bahan lainnya. Bukan hanya tepung, gula, dan telur tetapi juga Blueband. Dengan bahan tambahan Blueband, kue bolu menjadi lebih lembut dan gurih. Terus supaya kuenya lebih mengembang kita juga bisa tuh tambahin baking soda. Jangan takut kuenya bantet atau nggak ngembang karena dimasukin tepung di awal ya entah itu 10 atau 20 menit sebelum dipanggang. Tetap bakalan ngembang kok kuenya.

Kue bolu paling cocok dimakan dengan tambahan beragam selai. Nggak hanya selai nanas ya tapi juga selai cokelat atau tambah susu. Jika suka bolunya juga bisa dikasih pasta sebagai tambahan rasa. Buat yang mau siap-siap menyambut lebaran dan bingung mau masak kue apa mendingan bikin kue bolu aja. Jarang gagal deh kalo resep kue yang satu ini. Buat emak-emak pemula yang pengen bikin kue yang praktis cocok banget nih. Kue bolu juga nggak rewel, dimasak pake pemanggang apa aja bisa. Bahkan dulu dimasak di atas tungku dengan cetakan tembaga. Harumnya kue yang dipanggang dengan arang itu beda aromanya. Bikin rindu.