Jumat, 01 Juli 2016

Makanan Khas Pontianak Kota Bersinar di Bulan Puasa


Pontianak Kota Bersinar – Pontianak Kota Bersinar julukannya. Dari banyak julukan yang banyak disematkan pada Kota Pontianak, julukan yang satu ini memang paling cocok, soalnya matahari memang bersinar cerah sekali di sini. Bahkan sangat menyilaukan. Coba saja mampir ke sini dan nikmati matahari siang harinya. Terik dan terang. Makanya tidak heran banyak yang menjulukinya sebagai Pontianak Kota Bersinar.


Selain julukannya sebagai Pontianak Kota Bersinar, Pontianak punya makanan khas yang paling mudah dijumpai di bulan puasa. Bahkan bisa dikatakan sebagai makanan khas bulan Ramadhan. Jika Anda termasuk orang yang lahir dan besar di Pontianak pasti tahu betul dengan makanan yang akan dijelaskan berikut ini.

Ini dia daftar makanan khas Pontianak Kota Bersinar pada bulan puasa.

1. Sotong Pangkong
Ini sebenarnya bukan sotong melainkan cumi. Namun masyarakat Pontianak sendiri sudah terbiasa menyebut cumi sebagai sotong. Namanya juga masih family ya, tentunya perbedaannya tak begitu mencolok. Sotong Pangkong banyak sekali dijual pada bulan puasa. Apalagi di Jalan Merdeka akan bermunculan pedagang Sotong Pangkong dadakan yang menyediakan meja buat pelanggannya menikmati sotong pangkong sambil melihat jalan raya yang ramai dilewati warga Pontianak Kota Bersinar. Meskipun di luar bulan puasa, kita masih bisa menjumpai orang yang menjual Sotong Pangkong, di bulan puasa sendiri adalah momen di mana kita akan menemukan pedagang Sotong Pangkong sangat menjamur.

2. Jorong-Jorong
Kue yang satu ini memang sangat khas dan mudah ditemukan pada bulan Ramadhan. Terbuat dari tepung beras dan gula pasir dalam wadah daun pandan sehingga memberikan aroma yang khas pada tepung yang manis tersebut. Gulanya sendiri berada di bawah adonan sehingga kita tidak langsung merasakan manisnya pada bagian atasnya. Ada bagian yang rasanya gurih lalu terkena air gula menjadi lebih manis. Gulanya pun kental. Menikmatinya saat berbuka memang sangat menyenangkan. Jorong-jorong jarang ditemukan jika bukan bulan puasa. Hanya sedikit orang yang membuat kue ini. Banyak yang kesulitan menemukan daun pandan yang lebar yang bisa dijadikan wadah kue jorong-jorong.

3. Bingke
Kue bingke memang akan banyak sekali dijual pada bulan puasa. Jika Anda ingin makan bingke di luar bulan Ramadhan tetap bisa membelinya di beberapa gerai yang memang khusus menyediakan kue bingke. Beda cerita saat bulan puasa ya. Hampir di semua kantin Ramadhan punya bingke yang aromanya menyelerakan. Apalagi kalau bingkenya memang dibuat dengan cara tradisional dan dibakar menggunakan arang. Itu aroma arangnya akan sangat harum dan meresap ke dalam kue. Membuat bingke semakin nikmat untuk disantap.

Masih banyak makanan khas lainnya yang bisa ditemukan di bulan puasa yang akan sangat sulit dicari di hari biasa. Tetapi tiga makanan tersebut menurut saya adalah makanan yang paling khas yang akan banyak sekali tersedia saat bulan Ramadhan di Pontianak Kota Bersinar. Sekarang masih bulan puasa, sempatkan mampir ke Pontianak apabila ingin mencicipi makanan istimewa ini. Sambil keliling mencicipi kuliner khas bulan Ramadhan bisa juga mampir ke berbagai lokasi wisata di Pontianak. Terutama ke warung-warung kopi yang menyediakan beragam kopi khas lokal.

Ada beberapa yang terkenal dan menjadi ikon Kota Pontianak dan banyak sekali yang ingin membeli kopi khas merek warung kopi tersebut. Mulai dari Kopi Asiang, Kopi Aming, dan Kopi Sukahati. Sudah bicara makanan dan minuman tentu saja semuanya balik lagi ke selera. Ada yang lebih suka makanan buatan A ada pula yang lebih suka makanan buatan B atau minuman X dan ada yang memilih minuman Y.

Di Kota Pontianak tinggal pilih saja. Dari warung kaki lima sampai restoran mewah menyediakan beragam kuliner yang bisa dicoba. Butuh penginapan? Tenang, di Pontianak hotel pinggiran sampai yang berbintang juga ada. Tidak perlu takut kebingungan mau tidur di mana nanti malam.

Selamat datang di Pontianak Kota Bersinar!

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba SEO Pontianak Kota Bersinar yang disponsori oleh sponsor berikut ini.
3. Marici (Makanan Ringan Cianjur) 085793343845