Jumat, 24 Juni 2016

Shopee Berani Kasih Gratis Ongkos Kirim Hingga Rp80.000


Jadi ceritanya saya coba jualan di berbagai e-commerce. Jualan makanan khas Kalimantan Barat khususnya Sotong Pangkong yang memang paling banyak dijual pada bulan puasa sekarang ini. Lumayan merintis usaha jualan makanan khas lokal yang ada di kota sendiri. Kota Pontianak, Bumi Khatulistiwa yang digelar sebagai Pontianak Kota Bersinar. Setelah mencoba beberapa e-commerce akhirnya saya terpikat dengan e-commerce yang mengkhususkan dirinya pada aplikasi mobile dan menyediakan fitur untuk mengunggah gambar dari akun instagram yang kita gunakan untuk berjualan. Cukup berbeda dibandingkan e-commerce lainnya bukan?

Lalu istimewanya apa selain khusus buat mobile? Ada subsidi ongkir hingga Rp80.000 lho. Oke toko sebelah bisa kasih sampai ratusan ribu free ongkirnya, tapi yang menarik pada Shopee ini adalah mereka memberlakukan free ongkir hingga Rp80.000 ke seluruh Indonesia hanya dengan minimal belanja Rp30.000. Sekarang kita pikir sajalah Rp30.000 dapat apa? Jika belanja online paling dapat sehelai jilbab atau bahkan harga jilbab masih mahal?

Subsidi ongkir gratis hingga Rp80.000 ini sangat membantu banyak penjual dan tentu saja pembeli yang ingin membeli sedikit produk tapi berat diongkir. Kayak saya beberapa waktu lalu ingin beli chasing untuk CPU Raspberry saya yang terbentur ongkir Rp30.000 sedangkan harga produknya hanya Rp20.000an, sayang kan? Makanya sekarang saya ingin beli chasingnya dari penjual yang berjualan di Shopee saja supaya bisa beli sedikit produk yang beratnya tak seberapa dengan harga yang murah terus free ongkir pula.

Apalagi jika Anda menjual barang yang berat atau ingin membeli barang yang cukup berat dalam jumlah banyak. Bisa memisahkan orderan dalam beberapa invoice supaya bisa memaksimalkan subsidi ongkir ini dan mendapatkan bantuan sebanyak mungkin untuk free ongkirnya. Jadi beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan orderan hingga 24kg ke sebuah kabupaten yang lumayan ongkir per-kilonya. Rp36.000 untuk tiap kilo produk. Padahal kalau dipikir harga produknya nggak begitu mahal. Kasihan pelanggan harus membayar ongkir sampai Rp864.000. Belanja sekitar 2jutaan tapi ongkirnya sampai hampir sejuta. Dengan adanya subsidi free ongkir sampai Rp80.000 ini tentu saja bisa membuat pelanggan yang tadinya ragu untuk belanja bisa belanja tanpa khawatir soal ongkir. Begitu juga buat yang jualan, akan sangat mmebantu dagangannya dibeli orang.

Apalagi mengingat banyak lokasi di Indonesia ini yang ongkirnya mahal dari Pontianak. Beda cerita pengiriman dari Jakarta ya. Dari Pontianak ke Sulawesi saja bisa Rp60ribuan. Padahal yang dijual harganya di bawah ongkir. Pastinya pembeli akan bingung mau beli atau tidak. Penjual makanan khas lokal akan sangat terbantu dengan adanya free ongkir ini.

Saya sarankan bagi Anda yang ingin berjualan secara online sebaiknya segera bikin toko online di Shopee. Selain adanya subsidi free ongkir ini, memiliki akun di Shopee juga gratis kok. Masih ragu buat jualan di Shopee? Coba install aplikasinya dari playstore, aplikasinya juga bisa didapatkan dengan cuma-cuma.

Happy online selling ya!