Rabu, 22 Juni 2016

Test Drive Virtual



Sekarang inikan banyak tuh smartphone yang sudah bisa digunakan buat main virtual reality game. Saya jadi ngebayangin kayak Mobiloka menyediakan aplikasi buat test drive virtual produk yang mereka jual. Sehingga pengalaman test drivenya bisa dilakukan dari mana saja secara online. Nggak ada cerita lagi orang beli mobil tanpa nyoba iya kan? Soalnya banyak banget dealer mobil yang orientasinya hanya mengejar pembeli supaya membeli mobil sama mereka padahal pembeli inginnya punya pengalaman yang menyenangkan sebelum membeli mobil.

Pernah dihubungin sama marketing mobil dan langsung ditawarin berbagai produk mereka langsung nyebutin harga tanpa nanya pelanggan mau test drive dulu apa enggak? Bahkan orang jual smartphone aja ada sampel yang bisa kita pegang-pegang usap-usap. Smartphone yang harganya belum ratusan juta, ini mobil lho, belinya pake uang bukan daun tapi malah penawarannya nggak sesuai dengan harga yang tertera di produk. Bukannya pelayanannya harus lebih baik karena yang dijual barang mahal?

Ah entahlah....

Balik lagi soal test drive virtual yang bisa menggunakan smartphone, setidaknya untuk mobil-mobil keluaran baru boleh banget tuh dibikin. Jadi pembeli nggak perlu datang ke dealer mobil kalau hanya sekadar untuk nyobain mobil yang dia impikan eh ternyata pas dicoba malah nggak suka iya kan? Pembeli bisa jadi agak gengsi kalau akhirnya nggak jadi beli. Orang yang jual juga nggak perlu kecewa kalau di pelanggan ternyata setelah nyobain malah nggak minat. Walaupun yang namanya virtual tetap bakalan banyak kekurangannya dibandingkan yang realita. Apalagi yang virtual nggak bisa ngerasaan secara langsung, hanya secara virtual. Buat test drive secara virtual bolehlah ya. Seenggaknya ngerasain 20% pengalaman mengendarai mobil tersebut dan bisa merasakan seakan-akan duduk di dalamnya tanpa tahu rasanya jika memegang langsung.

Sekarang cardboard kan murah dan banyak yang jual jadi nggak bakalan sulit untuk orang mencoba test drive virtual mobil yang diincarnya. Apalagi kalau mereka ingin membeli mobil secara online di Mobiloka. Beli mobil online, test drivenya online juga dong. Biar klop gitu. Jadi kapan nih dealer mobil online menyediakan test drive virtual khusus untuk produk yang mereka jual? Jangan-jangan sudah pada bikin dan saya aja yang nggak tahu kalau mereka menyediakan virtual test drive menggunakan smartphone android.

Menurut Anda bagaimana? Apakah sebaiknya setiap penjual mobil online menyediakan test drive virtual untuk memberikan pengalaman lebih bagi calon pelanggan mereka atau malah merasa bahwa test drive virtual hanya buang-buang waktu saja?