Kamis, 07 Juli 2016

Kamu Pakai Kamera Apa?


Samsung Galaxy J7 memang punya banyak kekurangan. Apalagi dibandingkan dengan smartphone yang baru keluar. Tapi karena smartphone lama, saya membelinya lumayan murah dibandingkan harga waktu dia pertama kali keluar. Sampai sekarang masih saya gunakan terutama untuk bekerja dan jualan. Mengambil gambar juga masih menggunakan kamera smarphone. Meskipun banyak HP memiliki spesifikasi yang serupa dengan Samsung J7 ini saya rasa kita tidak bisa membandingkan smartphone yang diproduksi oleh perusahaan yang berbeda.

Sebab ketika kita membandingkan dua smartphone yang spesifikasinya serupa tapi diproduksi perusahaan yang berbeda ya kualitasnya pastinya nggak bisa dibandingkan. Itu tu kayak ngebandingkan dua kue cokelat dari dua toko yang berbeda. Ada yang menggunakan cokelat dengan kualitas terbaik ada yang menggunakan cokelat dengan kualitas biasa saja. Sama-sama kue cokelat tapi tentu saja harga dan rasa akan berbeda. Begitu juga dengan smartphone. Ketika ada yang membandingkan dua smartphone yang dibuat oleh produsen yang berbeda tetapi spesifikasinya hampir sama, lalu menganggap bahwa kualitasnya serupa, tentu saja ini pendapat yang sangat keliru.

Percaya deh ketika kita menggunakan smartphone merek A yang kameranya 16MP dan merek B yang juga 16MP akan memberikan hasil foto yang berbeda. Meskipun digunakan disaat yang sama dengan pencahayaan yang sama pula.

Selama ini pilihan saya untuk smartphone selalu jatuh pada Samsung setelah saya menggunakan beberapa merek lain yang akhirnya berakhir menyedihkan. Mati total dan sama sekali tak bisa diperbaiki. Ya sudahlah dibandingkan harus gigit jari karena smartphone rusak lagi rusak lagi, akhirnya saya menggunakan smartphone keluaran Samsung. Padahal banyak yang bilang Samsung itu overprice. Katakanlah memang overprice, setidaknya saya membayar mahal dan mendapatkan smartphone yang tahan banting. Karena sebelumnya saya menggunakan smartphone yang setahun setelah penggunaan mati total. Harus ganti mesin kata teknisinya.

Untuk apa memperbaiki HP yang rusak mesinnya? Mendingan beli baru kan? Ya sudah akhirnya saya membeli Samsung Mega yang ukuran layarnya cukup luas yaitu 5.8inchi. Kemudian setahun lebih berlalu dan kemampuannya menurun. Saya butuh smartphone yang nggak gampang hang dan tidak lelet. Maklum saya butuh banyak aplikasi yang harus dinyalakan di smartphone. Jadilah saya membeli Samsung Galaxy J7 yang harganya sudah turun cukup jauh dibandingkan harga waktu baru rilis.

Sekarang masih setia menggunakannya apalagi ternyata menurut beberapa orang yang mengikuti akun saya diinstagram, foto yang dihasilkan dari kamera tersebut bagus. Sempat juga ada yang nanya sama saya, saya menggunakan kamera apa untuk mengisi instagram saya. Wih saya pikir kemampuan menjepret saya sekarang meningkat tajam, padahal mah bawaan kamera Samsung J7 yang dipadukan dengan pencahayaan matahari yang sempurna banget bersinarnya. Makanya bisa bagus.

Ada rencananya mau beli DSLR tapi makenya aja saya belum mahir dan kemampuan saya memotret belum sebagus orang lain yang sudah profesional. Jadinya masih setia deh sama kamera HP walaupun sempat juga ada yang nggak percaya kalau yang saya gunakan kamera HP. Indra pemotretan kita juga harus sering diasah dengan banyak-banyak melihat foto orang lain yang menghasilkan banyak karya. Terutama yang sudah malang-melintang sebagai juri untuk berbagai event lomba foto. Pastinya kemampuan mereka memainkan kamera sebagai pedang nggak perlu diragukan lagi.

Dulu sempat juga ikut event fotografi yang mengutamakan fotografi dengan kamera HP, keren-keren banget fotonya padahal diambil menggunakan kamera HP yang dulu pastinya belum sebagus sekarang. Saya sampai mikir, bohong banget gambar bagus kayak gitu diambil menggunakan HP, pasti DSLR. Eh ternyata saya salah, yang terpenting lagi memang kemampuan kita memaksimalkan perangkat yang kita punya, baik itu smartphone atau kamera DSLR untuk 'melukiskan' sebuah objek.


Eh iya buat yang masih tanya-tanya saya menggunakan kamera apa, saya masih menggunakan smartphone kok, masih pake Samsung Galaxy J7.