Rabu, 24 Agustus 2016

Akhirnya Kembali Gunakan Bloggeroid

Sudah lama sekali saya tidak menggunakan Bloggeroid untuk ngeblog secara mobile. Memang selama ini saya lebih banyak menggunakan Blogger for android yang dibuat oleh Google sendiri. Aplikasi official istilahnya. Namun banyak sekali kekurangan pada produk gratisan tersebut. Walaupun berbayar bukan berarti lebih bagus ya. Soalnya ada kok aplikasi khusus buat ngeblog mobile di android yang tetap gratis tapi lebih oke daripada blogger for android tersebut.

Bloggeroid juga aplikasi gratis yang bisa teman-teman gunakan untuk ngeblog di smartphone. Istimewanya adalah aplikasi ini bisa mengatur letak gambar dan juga bisa mengupload gambar lebih dari satu.

Jadi tidak perlu repot mengunggah gambar melalui web browser bawaan yang ada di smartphone. Dua kali kerja saya biasanya kalau ngeblog lewat HP. Pertama yang saya lakukan adalah memosting tulisan melalui blogger for android termasuk juga memasukkan link, mengubah bentuk font dan sebagainya kecuali memasukkan gambar. Mengapa saya tidak menggunakan blogger for android untuk memasukkan gambar? Karena susah sekali memosting tulisan bergambar melalui blogger for android. Beberapa jaringan sudah saya gunakan dan memang sulit memasukkannya. Pada akhirnya yang terjadi adalah tulisan tersebut gagal diposting.

Bloggeroid juga punya kekurangan sih sebenarnya. Buat yang suka mengunakan wiki syntax tentunya tak masalah kalau hanya berkaitan dengan memasukkan link, bold, dan juga italic. Mirip dengan yang sekarang kita gunakan untuk berchat ria di Whatsapp. Yap! Dukungan yang diberikan Whatsapp untuk menebalkan, memiringkan, tulisan di chat itu menggunakan wiki syntax. saya juga baru tahu sih namanya itu wiki syntax, saya pikir kode html. Hahahaa....

Kekurangan bloggeroid yang cukup mengganggu saya adalah saya tidak bisa membuat draft seperti yang biasanya saya buat melalui blogger for android. Jadi ketika saya punya ide yang ingin saya tuangkan, saya biasanya membuat draft dulu di blogger for android dan saya belum menemukannya di bloggeroid. Terus yang masih saya cari adalah daftar postingan yang bisa saya edit. Blogger for android menyediakan itu walaupun sebenarnya ketika tulisan sudah diedit melalui browser tidak akan bisa diedit di blogger for android. Jadi pastikan untuk tidak bolak-balik mengedit postingan hanya karena kita malas memeriksa kembali apa yang harusnya kita tuliskan dan posting di blog.

Saya sudah menghapus blogger for android dari smartphone saya yang saya rasa harusnya tidak saya lakukan karena bloggeroid juga belum terlalu bisa memenuhi kebutuhan saya ngeblog mobile. Mungkin saya harus install lagi aplikasi blogger for android yang lain yang bukan buatan Google.

Saya jadi iri dengan teman-teman yang menggunakan wordpress. Kabarnya aplikasi wordpress yang bisa dipasang di smartphone sangat memenuhi kebutuhan blogger wordpress karena sama dengan wordpress yang dibuka melalui browser. Entahlah....


Blogger for android atau bloggeroid? Tinggal kita yang pilih sendiri sih.