Senin, 15 Agustus 2016

Kika Keyboard Untuk Android

Pertama kali menggunakan android dengan layar sempit memang membuat frustasi. Samsung Galaxy Pocket, android dengan layar seuprit. Walaupun layarnya kecil dan butuh cukup lama untuk menyesuaikan jari saya dengan ukuran keyboard yang ditampilkan, pada akhirnya saya lancar mengetik menggunakan smartphone. Dulu keinginan saya hanyalah bisa lancar mengetik dengan 10 jari menggunakan keyboard PC, sekarang saya lebih senang mengetik menggunakan jempol dan berharap bebas typo. Sepanjang pengalaman saya mengetik tak pernah tidak typo. Ada beberapa waktu harus balik lagi ke kata-kata sebelumnya untuk mengetik dan memperbaiki ketikan yang salah.

Frustasi? Bergantung. Terlalu banyak typo memang bikin frustasi itu sebabnya saya berusaha menemukan keyboard yang paling cocok untuk android yang saya gunakan dari playstore. Banyak sekali lho keyboard gratisan dengan tema yang lucu. Bukan keyboard standar Samsung yang memang kurang cocok sama jari saya. Saya selalu typo jika menggunakan keyboard bawaan Samsung, walaupun sekarang di Lollipop bisa mengubah tema launcher + tema keyboard sehingga tampilan keyboardnya tidak begitu membosankan.

Pernah menggunakan Go Keyboard cukup lama, tapi akhirnya saya menggunakan Kika Keyboard. Karena Kika ternyata tidak butuh space lebih besar dibandingkan Go Keyboard. Tentunya kita ingin RAMnya bisa bekerja dengan baik dan tidak kelelahan karena dipaksa untuk bekerja di luar kapasitasnya.

Oiya Kika bisa diunduh melalui playstore secara gratis. Kabar buruknya, ada beberapa kali muncul iklan dalam bentuk notifikasi. Itu bagian yang agak mengganggu. Banyak sekali aplikasi gratisan yang memunculkan iklan, tapi bukan pada saat aplikasi tidak digunakan. Nah Kika ini tak peduli kita buka aplikasinya atau tidak, iklan muncul begitu saja dan seakan memaksa kita untuk membuka Kika Store yang menyediakan beragam pilihan tema dan stiker lucu.

Namanya juga gratisan ya, tak boleh banyak protes.