Senin, 19 September 2016

Kartu Indosat Ooredoo Tidak Bisa SMS ke 363



Transaksi sebelumnya belum dikonfirmasi.


Pernah dapat balasan SMS seperti keterangan di atas sewaktu membeli paket internet Indosat Ooredoo.

Baiklah, saya mau cerita agak panjang. Mudah-mudahan tidak membosankan ya.


Entah mengapa smartphone saya sering kesulitan mengirimkan SMS. Menerima SMS dan menelpon bisa. Tapi bagian mengirim SMS langsung gagal. Tak peduli berapa pun pulsanya. Tak hirau berapa kali restart. Biasanya diawali dengan gagal SMS ke semua operator dan semua nomor, mulai dari nomor HP biasa sampai nomor PREMIUM yang bisa kita gunakan untuk berlangganan paket internet.

Jadi awal mulanya seperti yang saya ceritakan, gagal mengirim SMS. Sampai akhirnya saya menghubungi nomor CS Indosat di 185 dengan biaya Rp400/panggilan. Karena berbayar tentunya yang benar-benar kepepet yang bakalan menelpon. Bukan orang iseng yang suka menelpon ke call center saking kesepiannya. Pasti ingat dengan nomor call center 116 yang antriannya lamaaaa banget. Anehnya masih saja dijabanin.

Hari itu adalah hari terakhir paket internet saya habis. Jadinya saya tidak punya paket internet pagi itu. Lalu saya buru-buru pergi ke kantor supaya bisa nebeng di wifi.id yang ada di kantor dan memang saya berlangganan juga. Komplain di twitter di akhir pekan memang bukan pilihan yang menyenangkan. Sehingga saya berjam-jam menunggu tanpa hasil. Padahal biasanya admin twitter menjawab dengan cepat komplain kita di twitter @indosatcare.

Pilihan satu-satunya memang menelpon langsung ke call centernya. Pertama menelpon saya menghabiskan beberapa menit dan berakhir dengan sinyal indosat di lokasi saya direstart dan saya bisa mengirimkan sms ke nomor operator lain dan juga nomor indosat. Tetapi sayangnya saya masih belum bisa membeli paket internet. Setiap saya membeli paket internet selalu mendapatkan balasan seperti di bawah ini.


Transaksi sebelumnya belum dikonfirmasi.


Seingat saya transaksi sebelumnya tidak ada. Saya pun mencari tahu dan menemukan bahwa saya harus membalas pesan dari 363 dengan isi 'BATAL'. Sayangnya saya tidak bisa mengirim SMS sama sekali ke nomor tersebut. Termasuk ke nomor 151 dan juga nomor PREMIUM lainnya.

Saya menghubungi 185 untuk kedua kalinya dan diminta untuk memeriksa pengaturan SMS premium dk HP saya. Sayangnya saya tak menemukan sama sekali soal pengaturan SMS seperti itu. Ketika CS mencoba membantu saya untuk membelikan paket internet pun masih mendapatkan balasan yang sama. CS-nya mengatakan pada saya untuk membatalkan transaksi sebelumnya supaya saya bisa beli paket internet adalah dengan mengirimkan pesan singkat ke 363 ketik BATAL.

Saya yang sudah hampir putus asa akhirnya memutuskan pulang ke rumah lalu memasang kartu Indosat saya ke HP Samsung yang tidak bisa internetan. HP Samsung lipat yang buat sms nelpon. Ternyata saya bisa mengirimkan pesan singkat dari nomor saya ke nomor 363.

Berarti selama ini HP saya yang bermasalah soal pengiriman pesan singkat? Soalnya pengguna Indosat di HP Samsung lipat ternyata tak mengalami masalah seperti saya. Setelah mengirimkan pesan ke 363 isinya BATAL saya pun berhasil membeli paket internet di *123#.

Saya berpikir bagaimana caranya supaya nanti tidak perlu memindahkan kartu ke HP lain hanya untuk mengirimkan SMS. Jadi tadi saya menginstall TEXTRA untuk mengetes apakah saya bisa mengirimkan pesan dari nomor saya ke nomor PREMIUM. Ternyata bisa. Jadi kalau memang HP Anda bermasalah saat mengirimkan pesan singkat sebaiknya gunakan aplikasi pesan singkat lainnya, jangan yang bawaan dari HP.