Minggu, 25 September 2016

Menginstall Windows di Smartphone Android




Jujur kebutuhan saya terhadap Windows hanya tinggal 1 yaitu mencetak ebook menjadi booklet. Jadi print bolak-balik dengan ukuran buku. Pengaturan print booklet itu yang masih sulit saya temukan di aplikasi OS PC lainnya. Apalagi raspberry yang saya gunakan sama sekali belum mampu saya gunakan untuk mencetak apa pun.

Malah kalah dengan smartphone saya yang menggunakan sistem operasi Android. Tadinya saya pikir mau beli tablet yang sudah ada windowsnya dan bisa digunakan untuk bekerja layaknya PC. Apalagi mau beli laptop pun cukup berat buat di bawa ke mana-mana. Mendingan tablet windows dong ya!

Googlinglah saya mengenai harganya. Tadinya mau cari tablet windows dengan RAM 4GB, eh nggak tahunya harganya ngalah-ngalahin harga laptop yang standar. Mendingan beli laptop dong? Jadinya saya ulang pencarian dengan memberikan keterangan harga tablet Windows 1jutaan. Keluar cukup banyak pilihan dengan variasi harga sekitar 1.3juta.

Harga yang cukup terjangkau, apalagi tabletnya sudah support OTG, HDMI dan tentu saja akan bisa saya gunakan untuk mencetak ebook yang saya butuhkan. Lalu saya jadi kepikiran, smartphone jaman sekarang kan sudah cukup canggih. Mengapa saya tidak mencoba mengubah smartphone saya menjadi HP dengan dual boot saja? Bisa digunakan seperti smartphone biasa dengan OS android atau mencetak menggunakan windows.

Jadinya saya tidak perlu beli laptop atau PC lagi. Karena siapa yang mau bawa perangkat berat di dalam tas? Mendingan segalanya ada dalam genggaman bukan? Pas saya cari di Youtube, banyak banget tutorial untuk menjadikan android kita HP dengan dual boot. Android dan Windows.

Sekarang saya masih baca-baca aja sih, belum menemukan dan mencoba trik yang benar-benar berhasil menjadikan smartphone saya sebuah smartphone dual boot dengan OS android dan juga windows.


Kalau gagal? Saya masih bisa beli tablet dengan harga 1jutaan yang bisa saya koneksikan ke berbagai perangkat di rumah dan tak perlu memikirkan soal cara mencetak ebook dalam bentuk booklet.