Kamis, 08 September 2016

Ternyata Android 'N' Bukan Nutella




Kayaknya banyak yang menebak bahwa android N bakalan bernama Nutella ternyata bukan. Namanya Nougat. Sejenis makanan manis juga. Tak terpikirkan android bakalan memilih nama itu sebagai android 7.0. Bagaimana dengan tebakan android 8.0, apakah masih bertahan pada Oreo?

Memang menebak seri android berikutnya itu menyenangkan. Apalagi android memberikan nama sistem operasinya dengan nama yang sangat dekat dengan kita. Sesuatu yang manis, yang dulu bisa jadi pernah kita nikmati. Memberikan kesan kenangan yang mendalam.

Dibandingkan Nougat, Nutella masih terlalu 'muda'. Beda cerita dengan Nougat ya. Android seakan-akan ingin mengingatkan kembali tentang kenangan-kenangan yang pernah ada dalam hidup kita. Dengan menggunakan nama makanan yang manis juga akan membuat kita merasa dekat dengan android dan ada keterikatan yang mendalam.

Itu sih yang saya rasa. Tak tahu dengan pengguna yang lain.

Android memang cerdas sekali memberi nama produknya. Sesuatu yang sudah ada di dalam kehidupan kita sejak lama. Hal-hal yang menggali kembali sesuatu yang pernah lintas dalam hidup kita. Saya membayangkan android sebelumnya seperti KitKat. Bagaimana jika itu mengingatkan kita pada seseorang yang pernah singgah dan menyelipkan tawa dan luka dalam waktu yang berdekatan? Sesuatu yang bernama cinta pertama.

Lalu android Lollipop yang bisa mengembalikan ingatan kita pada masa kecil yang membahagiakan. Ketika pergi berbelanja dengan ibunda tersayang lalu dia membelikan lollipop yang manis dan harum dengan ukuran jumbo yang tak pernah bisa kita habiskan?

Android itu tidak hanya sekadar sistem operasi. Android itu bagian dari kehidupan kita. Barangkali itu pesan yang ingin disampaikan oleh Android itu sendiri.

Selamat datang Nougat.


PS: Siapa yang masih memegang Oreo sebagai kandidat nama android O?