Senin, 24 Oktober 2016

4 Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Calon Ibu Muda





Menjadi calon ibu muda pastilah menyenangkan sekaligus menegangkan. Apalagi saat usia kandungan sudah memasuki bulan ke-9 yang artinya hanya tinggal menunggu hari kapan si buah hati akan lahir ke dunia. Sebagai calon ibu muda yang belum mempunyai pengalaman sebelumnya, ada beberapa yang harus dipersiapkan loh agar saat persalinan maupun maupun setelah persalinan dapat berjalan lancar tidak ada masalah. Apa saja hal yang harus dipersiapkan? Yuk simak ulasan berikut!

Persiapkan Mental

Mental merupakan hal yang paling krusial untuk para calon ibu muda. Banyak yang merasakan khawatir atau was-was karena akan melakukan proses persalinan yang sama sekali belum pernah dilakukan sebelumnya. Khawatir ataupun was-was memang wajar tapi jangan sampai berlebihan dan malah menjadi beban pikiran karena nantinya akan berpengaruh pada si bayi dalam kandungan. Sering-sering lah berelaksasi saat menejelang persalinan jangan lupa juga ajak ibu, kakak, atau saudara yang sudah pernah melahirkan sebelumnya untuk mengobrol bertukar pikiran dan pengalaman agar proses persalinan tidak lagi menjadi sesuatu yang ditakutkan.

Jaga Kesehatan Fisik

Melahirkan tentu akan membutuhkan banyak tenaga apalagi jika Anda memilih untuk melakukan persalinan secara normal. Persiapkanlah fisik Anda sebaik mungkin. Perbanyak olahraga ringan seperti berjalan agar nafas Anda kuat, kurangilah aktivitas yang berat dan hindari stress. Jangan lupa juga konsumsi makanan yang sehat serta bergizi agar fisik Anda semakin prima.

Perlengkapan Bayi

Sebelum mendekati bulan persalinan, sebaiknya Anda sudah menyiapkan perlengkapan bayi yang akan diperlukan saat persalinan telah selesai. Sebaiknya Anda menyiapkannya 3 atau 4 minggu sebelum persalinan agar jika perkiraan hari lahir lebih awal, anda tidak lagi pusing karena semuanya sudah siap. Tidak perlu repot untuk Anda para Ibu yang sedang hamil besar tapo tetap ingin berbelanja sendiri barang-barang perlengkapan untuk calon buah hati karena saat ini toko perlengkapan bayi online sudah banyak tersedia. Salah satu toko online yang menyediakan perlengkapan bayi secara lengkap adalah MatahariMall.com, Anda bisa langsung membeli popok, gurita, baju bayi, selimut, dan perlengkapan lainnya dari rumah tanpa harus pergi ke pusat perbelanjaan. Mudah bukan?

Cari Informasi Sebanyak Mungkin

Sebagai calon ibu baru, Anda wajib mencari berbagai macam informasi seputar bayi dan parenting. Informasi tersebut bisa dengan mudah didapatkan dari buku-buku, artikel di internet maupun dari pengalaman pribadi orang yang sudah mempunyai anak. Mencari berbagai informasi ini penting agar setelah sang buah hati lahir, Anda tidak lagi kebingungan harus melakukan apa. Topik yang paling penting Anda cari adalah seputar cara merawat bayi dan juga informasi mengenai ASI dan imunisasi.


Itulah 4 hal yang harus dipersiapkan. Jadi siapkah Anda untuk jadi ibu muda?