Jumat, 14 Oktober 2016

Printer Monochrome Wireless: Fuji Xerox P115W






Suka bermasalah dengan printer? Terutama yang menggunakan tinta cair? Jika Anda adalah orang yang butuh printer pada saat tertentu saja sebaiknya ganti ke printer yang menggunakan tinta bubuk. Karena penggunaan tinta kering jauh lebih mudah perawatannya dibandingkan dengan printer tinta biasa atau inkjet. Apalagi kalau printer terkadang dibiarkan di sudut bawah meja tanpa tersentuh untuk waktu yang cukup lama.

Fuji Xerox DocuPrint P115W memberikan harga yang cukup terjangkau dengan kemampuan yang mumpuni. Satu kali isi tinta atau toner kita bisa menggunakannya hingga 10.000 lembar kertas A4. Itu hanya prakiraan sih, bisa kurang atau lebih, bergantung pada kualitas print yang kita gunakan. Jumlah yang sangat banyak bukan? Jadi harga tonernya hanya mahal saat beli, ketika sudah dibeli akan digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Terutama yang membutuhkan printer untuk kebutuhan personal.

Memang Fuji Xerox ini printer monochrome. Hanya menyediakan pilihan warna hitam. Jadi tidak disarankan bagi Anda yang memiliki kebutuhan cetak warna atau foto ya. Khusus buat Anda yang lelah dengan kepala catridge yang suka bermasalah pada printer inkjet Anda. Tidak ada lagi tinta tumpah atau catridge bocor yang akan mengotori tangan Anda sampai-sampai Anda dikira habis pemilu dengan semua jari Anda.

Printer tinta bubuk atau toner ini sangat cocok buat orang yang malas merawat printernya dengan sering menggunakannya dalam jangka waktu tertentu. Cocok juga buat Anda yang suka mencetak ebook dengan tampilan bolak-balik sehingga tidak ada tinta yang tembus ke halaman belakangnya. Tintanya kering ya, mirip bubuk karbon.

Kelemahannya adalah kertasnya menjadi berubah bentuknya setelah masuk ke printer, agak bergelombang. Anda perlu mendinginkannya sejenak sebelum merapikannya. Tapi secara keseluruhan saya suka dengan printer Fuji Xerox ini apalagi yang ada huruf W di belakang serinya menandakan bahwa printer ini bisa dihubungan melalui jaringan nirkabel. Tinggal nyalakan wifi dan koneksikan ke printer sehingga Anda bahkan bisa mencetak melalui smartphone Anda. Kalau mau menggunakan kabel OTG dan menghubungkan kabel USB printer juga bisa kok, print menggunakan starprint yang bisa diinstall dari playstore. Sayangnya dari smartphone masih belum ada pilihan untuk mencetak ebook bolak-balik seperti pada pengaturan Windows.

Harga Fuji Xerox Docuprint P115W ini di Pontianak adalah Rp1 juta. Sudah termasuk toner atau tintanya. Lebih mahal dari printer inkjet tanpa infus dan lebih murah dari printer inkjet dengan infus. Harga yang cukup terjangkau apalagi dengan isi toner yang bisa digunakan cukup lama.