Senin, 14 November 2016

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan: Pertamax RON 95 Melaju Lebih Jauh


Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan - Pertamax RON 95 merupakan bahan bakar minyak keluaran perusahaan minyak nasional Pertamina. Pertamax RON 95, pada bulan november ini di Kalimantan Barat, khususnya Pontianak tidak lagi menjual Pertamax plus, dan diganti dengan Pertamax RON 92. Pertamax Ron 95 adalah produk BBM berkualitas dari olahan minyak bumi yang dihasilkan melalui penambahan zat aditif dalam proses pengolahannnya sehingga menghasil pertamax plus yang merupakan solusi bahan bakar berkualitas. Pertamax RON 95 adalah bahan bakar yang telah memenuhi standar performa International World Wide Fuel Charter . Pertamax ron 95 merupakan bahan bakar berkualitas baik untuk kendaraan yang menggunakan sistem teknologi Electronic Fuel Injection (EFI), Variable Valve Timing Intelligent (VVTI), (VTI), Turbochargers, dan catalytic converters.


Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Keunggulan Pertamax RON 95
Tanpa timbal, Pertamax RON 95 adalah BBM ramah lingkungan tanpa timbal yang di dalamnya mengandung zat aditif generasi 5 yang bersifat Detergensy. Jika di dalam bahan bakar terdapat kotoran, maka akan dibersihkan dengan zat aditif tersebut. Beberapa komponen seperti karburator / injektor, klep intake, silinder head dan ruang bakar akan lebih bersih dan performa mesin tetap terjaga kesegarannya. Zat ini tidak ada pada bahan bakar jenis premium, sehingga mesin menjadi lebih awet. Demulsifier, berfungsi sebagai pencegah penggumpalan air pada bahan bakar. Penggumpalan air sering terjadi pada bahan bakar yang hanya memiliki kadar oktan rendah, yang membuat pembakaran menjadi kurang maksimal. Pertamax RON 95 dapat membersihkan deposit pada fuel injector, inlet valve, dapat melarutkan air dalam tangki kendaraan anda sehingga dapat mengurangi dampak dari logam dan korosi pada saluran bahan bakar dan tangki penampungan BBM. Walaupun Pertamax RON 95 memiliki oktan tinggi, tapi kurang efektif jika di pergunakan pada kendaran yang memiliki kompresi rendah performa kurang maksimal.
Corrotion Inhibitor, adalah elemen penghambat karat pada saluran bahan bakar yang terbuat dari besi.




Research Octane Number (RON) yang lebih tinggi dari, Pertalite, dan Premium.

Karena memiliki oktan tinggi Pertamax RON 95,merupakan BBM Oktan Tinggi harga terjangkau, bisa menerima tekanan pada mesin berkompresi tinggi. Sehingga bisa bekerja optimal pada mesin. Dan tenaga mesin yang menggunakan Pertamax RON 95 menjadi lebih maksimal, karena BBM digunakan secara optimal. Sedangkan pada mesin yang menggunakan Premium, BBM terbakar dan meledak tidak sesuai dengan gerakan piston. Dan hasilnya performa mesin menjadi kurang maksimal dan kurang tenaga.

Kekurangan Pertamax RON 95
Sebenarnya dilihat dari uraian sebelumnya, kita tidak menemui kekurangan pada bahan bakar Pertamax RON 95, hanya saja satu hal yang sangat sepele, yaitu harganya sedikit mahal dari Bahan Bakar jenis Pertalite dan Premium. Walaupun dengan harga yang sedikit mahal, pertamina memberikan solusi bahan bakar berkualitas, dan kita dapatkan manfaat yang sebanding dengan uang yang sudah kita keluarkan dengan kelebihan yang kita dapatkan, maka harga tidak terlalu dipermasalahkan, karena banyak kebaikannya pada bahan bakar Pertamax RON 95, jadi masalah cuma harga saja yang sedikit lebih mahal.


Dan ada lagi cara pengguna kendaraan untuk menghemat pengeluaran pembelian Bahan Bakar jenis Pertamax RON 95, yaitu dengan cara mencampur atau mengoplos Pertamax RON 95 dengan Premium, mereka berpikir pengoplosan kedua Bahan Bakar tersebut dapat mendongkrak performa kendaraan tapi pada kenyataannya Mencampur Pertamax RON 95 dengan Premium RON 88 akan berdampak secara linear terhadap nilai oktan, Pertamax RON 95 mengandung zat detergensy, Corrotion Inhibitor, Demulsifier, sementara Premium tidak. Dengan demikian zat aditif pada Pertamax RON 95 menjadi hilang dan menjadi tidak berfungsi secara optimal, dikarenakan komposisinya pada Pertamax RON 95 telah berubah.

Jika mengoplos Pertamax RON 95 dengan Premium yang bernilai oktan lebih rendah maka didapatkan oktan yang lebih tinggi dari pada Premium, BBM dengan nilai oktan yang lebih tinggi diyakini bisa mendongkrak performa kendaraan karena pembakaran dalam mesin terjadi lebih sempurna. 

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan.