Senin, 20 Maret 2017

Tips mengatasi masuk angin pada mesin diesel atau solar

Jika anda menggunakan mobil berbahan bakar solar, pernahkah anda mengalami masalah mesin menyendat atau kurang tenaga? Mungkin itu masalahnya kotoran pada filter minyak anda telah menumpuk, dan  segeralah ganti filter minyak anda dengan yang baru.

Jika anda mengalami pompa minyak manualnya rusak segera lah ganti, kalau tidak diganti anda akan mengalami mesin masuk angin terus menerus setiap kendaraan anda pada posisi mesin mati/off. Di karenakan pompa tidak dapat mengisap dan menampung solar dalam posisi mesin mati  terlalu lama.

inilah beberapa tips mengatasi masalah masuk angin pada mesin diesel anda.

1. Buka lobang baut kecil kira-kira ukuran kunci. 8 atau 10 untuk membuang angin, Pompa secara manual pump bahan bakar anda, sampai benar-benar keras atau pompa tidak bisa di pompa lagi dan sampai minyak memenuhi filter dan mesin kendaraan anda.

2.jika pump nya di pompa pipa/ selangnya tidak keras, atau minyaknya tifak naik ke mesin, Cek pada selang, jika ada kebocoran, segeralah ganti selang atau pipa nya.

3.pompa kembali pump minyak, sampai keras. Jika masih kurang berhasil, buka selang atau pipa aliran minyak yang menuju ke mesin, sedot solar dari tangki bahan bakar masukan ke jerigen kira-kira 3-4 liter, sedot minyak dari jerigen dan masukan ke dalam aliran pipa minyak langsung ke mesin, coba nyalakan mesin anda jika mesin sudah menyala. Langsung masukan dan ganti selang yang dari jerigen ke selang tangki bahan bakar minyak mobil, catatan mengganti selang dari jerigen ke selang tangki penampungan jangan sampai lebih dari 3 detik, jika lebih dari 3 detik mesin kendaraan mati, jika mesin mati anda harus  melakukannya ulang.

Semoga tips ini bermamfaat bagi anda pengemudi kendaraan bermesin diesel atau solar.