Sabtu, 29 April 2017

Balikpapan Sejuta Inspirasi Jadi Kota Penuh Prestasi


Balikpapan adalah satu di antara kota besar di Indonesia yang letaknya di Kalimantan Timur atau lebih sering disingkat menjadi Kaltim. Kota ini memiliki maskot beruang madu dan resmi didirikan pada tanggal 10 Februari 1897. Luas wilayahnya sendiri mencapai angka 503.3 km petsegi dan sempat dinobatkan menjadi Kota Paling Dicintai di Dunia pada tahun 2015 lalu oleh World Wildlife Fund. Masih ditahun yang sama pula Balikpapan tampil menjadi kota yang paling nyaman dan juga layak huni di Indonesia berdasarkan survei versi Ikatan Ahli Perencana Indonesia.

Ada banyak keunggulan yang dimiliki Kota Balikpapan sehingga dapat memberikan inspirasi untuk membangun kota penuh dengan prestasi. Apa saja? Berikut selengkapnya!

1. Lingkungan Bersih dan Lestari
Thaukah Anda jika kita ini sudah mencatat perolehan Penghargaan Adipura sampai 18 kali? Bahkan di tahun 2013 dan 2014 Kota Balikpapan ini dapat meraih penghargaan di bidang kebersihan. Piala Adipura Kencana. Penghargaan Adipura ini hanya diberikan untuk kota di Indonesia yang berhasil dalam mengelola kebersihan dan juga lingkungan perkotananya. Indikoatornya antara lain pengelolaan sampah, pengendalian pencemaran udara, dan juga pengendalian pencemaran air.

Usaha pemerintah untuk memberikan kesadaran pada masyarakat mengenai pentingnya kebersihan sejak di bangku sekolah. Sebab penanaman tersebut sejak dini ada di kurikulum pendidikan sekolah-sekolah. Belum lagi soal peraturan daerah yang sangat ketat mengenai kebersihan. Setiap orang yang membuang sampai tidak pada tempatnya akan mendapatkan sanksi berupa denda.

Denda yang dijatuhkan tidak main-main, sebesar-besarnya 5 juta atau dikurung selama 3 bulan di dalam penjara. Sehingga dari sinilah terbentuk karakter masyarakat kota yang peduli dengan masalah kebersihan dan juga mencintai kebersihan.

2. Lalu lintas
Tahukah Anda lalu lintas di Kota Balikpapan ini adalah yang terbaik. Jika Anda berkunjung ke beberapa kota besar lainnya Anda akan merasakan bahwa lalu lintas Balikpapan memberikan kenyamanan. Belum lagi pengendaranya yang sopan dan saling mau mengalah. Ini dibuktikan dengan didapatkannya penghargaan Wahana Tata Nugraha yang menjadi penghargaan dari pemerintah Republik Indonesia diperuntukkan pada kota yang bisa menata transportasi publiknya dengan baik. Balikpapan meraih penghargaan ini sejak tahun 1992 hingga 2014.

3. Pembangunan infrastruktur
Satu hal lain lagi yang menjadi kebanggaan bagi masyarakat Kota Balikpapan adalah tak lepas dari pembangunan infrastrukturnya yang pesat dalam waktu 20 tahun terakhir. Pembenahan dilakukan seperti pebaikan jalan, pusat perbelanjaan, angkutan umum, pusat perkantoran, dan masih banyak yang lainnya. Perannya sebagai pintu gerbang yang membawa Anda menuju berbagai daerah lain di Kalimantan Timur, Kota Balikpapan memiliki infrastruktur terbaik di antara kota lainnya di provinsi yang sama.

4. Tempat wisata beragam
Banyak tempat wisata yang dapat Anda datangi di kota ini antara lain wisata hutan lindung seperti HLWS atau Hutan Lindung Sungai Wain dan juga Hutan Mangrove Margomulyo. Jika Anda suka ke pantai ada banyak wisata pantai yang tersedia di sini. Ada Pantai Lamaru, Pantai Kemala, Pantai Manggar Segara Sari. Ada pula Taman Bekapai yang letaknya di pusat kita yang sangat bagus sebagai tempat nongkrong di malam hari dan menjadi tempat online karena di sini tersedia wifi gratis untuk pengunjungnya. Ada pula wisata air yang menyediakan beragam wahana yaitu Carribean Waterpark. Anda juga dapat melihat hewan liar di lokasi Penangkaran Buaya Teritip dan masih banyak lokasi wisata lainnya.

5. Bandara
Bersaing dengan 79 bandara yang ada di dunia, Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan pada tahun 2014 menduduki peringkat 16 sebagai bandara dengan tingkat pelayanan yang terbaik di dunia. Ini berdasarkan survei Airport Service Quality (ASQ) yang dilakukan Airport Council International (ACI). Posisi ini mengungguli Bandara Penang di Malaysia, Bandara San Antonia Texas di Amerika, dan Bandara Bengaluru di India.

Padahal sebelumnya pada tahun 2012 bandara ini masih berada pada urutan 221 dunia dan meningkat ke posisi 191 pada tahun berikutnya, Hingga akhirnya pada tahun 2014 terbang ke posisi 16 dunia. Bahkan di Asia Tenggara menjadi bandara terbaik nomor 1.

6. Teknologi
Pengelolaan sampai di Balikpapan hingga jadi gas metana, belum lagi pengelolaan limbah cair menggunakan IPAL atau Instalasi Pengolahan Air Limbah di Margasari, dan juga dapat menjaga hutan mangrove, hutan lindung, dan tentu saja hutan kota sehingga dihasilkan oksigen dan udara menjadi bersih dan hijau pemandangannya. Itu sebabnya Balikpapan mendapatkan ESC Award atau Environmentally Sustainable City Award. Ini adalah bentuk penghargaan internasional bidang lingkungan dengan indikator clean water, clean air, dan juga clean land.

7. Perekonomian

Sarana transportasi yang lengkap di udara, air, dan darat menjadikan Balikpapan sebagai pintu gerbang wilayah Kalimantan Timur dan untuk Wilayah Indonesia Timur. Komoditi khas yang jadi unggulan kota ini ada di beberapa sektor. Sektor pertanian ada pepaya minin, salak, karet, dan nanas. Lalu di sektor industri ada kerajinan manik, industri rumput laut, dan juga industri batu permata. Anda juga dapat memiliki karir di banyak pilihan pabrik multinasional di Kota Balikpapan.
8. Kota yang kondusif
Kota Balikpapan terasa sangat tenang, demo jarang terdengar di sini. Meskipun di sini banyak suka bangsa dan banyaknya tenaga kerja dari luar Indonesia. Kota ini dapat disebut sebagai kota yang aman dan damai.


Astra juga memberikan kontribusi bagi kemajuan Indonesia dengan menggandeng pemerintah untuk mewujudkan Kampung Berseri di 34 provinsi. Dan kampung percontohannya sudah ada di Balikpapan. Semoga usaha yang diberikan Astra demi kemajuan Indonesia ini bisa menjadikan inspirasi ke kota besar lainnya di Indonesia.

#ASTRA60BALIKPAPAN