Jumat, 08 Desember 2017

Filosofi Catur Dharma: 60 Tahun Bersama Astra

Sampai sekarang di usia yang sudah masuk 60 tahun selalu saja PT Astra International menyuguhkan kontribusi demi perkembangan Indonesia. Saat pertama kali didirikan pertumbuhan profit bukanlah yang utama dalam kegiatan bisnis bagi PT Astra. Tetapi juga soal membangun bangsa Indonesia. Sesuai dengan Catur Dharma yang jadi portofolio bisnis, SDM atau sumber daya manusia dan juga kontribusi sosial serta lingkungan.


Dalam butir portofolio bisnis mencakup produk dan juga layanan Astra, pelanggan menjadi pemangku kepentingan utama jadi pantas mendapatkan produk yang memiliki kualitas. Menjalankan bisnis sesuai filosofis pendiri perusahaannya yakni Tjia Kian Tie dan juga William Soerjadjaja, Astra selalu dan selalu mengedepankan ‘sejahtera bersama bangsa’.

Kemudian dalam butir Sumber daya manusia berisi tentang keyakinan Astra yaitu kinerja perusahaan yang baik tidak lepas dari inovasi yang berkelanjutan. Sumber Daya Manusia menjadi aset utama yang memegang peranan yang begitu penting. Oleh sebab itu tiap tahunnya Astra mengadakan ajang innovAstra demi menghargai serta menampilkan kemampuan dalam membuat inovasi seluruh insan Astra di berbagai penjuru tanah Air. Kegiatan ini menjadi wadah untuk menciptakan dan juga membangun budaya inovasi di perusahaan selama 33 tahun terakhir.

Lalu dalam butir ketiga merujuk pada Kontribusi Astra dalam lingkungan serta masyarakat dan juga bertanggung jawab pada karyawan dan menciptakan kondisi yang seimbang antara kepentingan bisnis, sosial dan juga lingkungan. Butir ketiga ini dijelaskan jadi kebijakan, target terukur, kriteria dan prosedur pelaksanaan dirangkum dalam Astra Green Company (AGC) dan Astra Friendly Company (AFC).

Inspirasi 60 Tahun Astra
Kegiatan yang termasuk dalam Astra Green Company sebagian besarnya berkaitan dengan komitmen Astra pada lingkungan, kesehatan serta keselamatan. Ini dicantumkan dalam Corporate Policy Communication Social Responsibility and Security (CSRS) dan juga berbagai turunan programnya, efisiensi sumber daya alam, pengurangan limbah, emisi gas rumah kaca serta masih banyak yang lainnya.

Astra Friendly Company memusatkan perhatian pada arahan strategi serta implementasi Astra berinteraksi terhadap pemangku kepentingan, masyarakat sekitar tempat operasional Astra, pelaksanaan kegiatan CSR serta berbagai kegiatan sosial lainnya. Dengan adanya Astra Friendly Company ini Astra mengharapkan dapat menjalin hubungan baik dengan berbagai komponen masyarakat jadi dapat di terima dan jadi bagian masyarakat.

Dari banyak kegiatan dilakukan oleh Astra satu di antara kegiatan yang jadi pusat perhatian yakni kegiatan Astra bersama program Corporate Social Responsibility (CSR). Astra menjadikan CSR sebagai bentuk langkah nyata pembuktian kontribusi Grup Astra dalam meningkatkan kualitas masyarakat melalui karsa, cipta dan juga karya terpadu. Astra yakin ini bisa menghasilkan nilai tambah demi kemajuan Indonesia pada pendidikan, pelestarian lingkungan, pelayanan kesehatan dan pengembangan usaha kecil serta menengah yang berdampak positif pada pendapatan ekonomi masyarakat.

Kegiatan CSR atau dikenal dengan ‘tanggung jawab sosial perusahaan’ dimulai sejak tahun 1974. Sejak itu pula CSR Astra terbilang sukses serta masyarakat mendapatkan manfaatnya. Semakin hari CSR jadi bagian yang begitu penting dalam dunia usaha. CSR bukan hanya dianggap ajang memberi sumbangan semata namun masuk dalam agenda wajib ataupun rencana strategis perusahaan.


Ada banyak bidang kegiatan yang dapat dipilih berbagai perusahaan BUMN, swasta atau multi nasional. Contohnya pendidikan, lingkungan, perubahan iklim serta air, HAM, anti korupsi dan yang lainnya. Demi membangun bangsa Indonesia yang berkualitas serta intelektual banyak perusahaan yang memilih melakukan CSR di bidang pendidikan. Sebut saja PT Semen Indonesia, PT Telkom dan juga termasuk PT Astra Internasional.

PT Astra International Tbk bukan hanya menerapkan butir ketiga filosofis Catu Dharma ke dalam CSR di bidang pendidikan. Lebih dari 40 tahun Astra melakukan kegiatan CSR bersama 9 yayasannya dengan semboyan SATU Indonesia (Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia). CSR Astra ditekuni dengan empat pilar yaitu Pendidikan, Lingkungan, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) serta Kesehatan.

Kontribusi ASTRA di Bidang Pendidikan

Di pilar pendidikan Astra menyediakan anggaran sebesar Rp400 miliar tiap tahun yang dikelola 6 yayasan Astra. Kesatu, Yayasan Toyota dan Astra (YTA). YTA fokus pada penekanan peningkatan kualitas pendidikan pada pelajar tingkat SD sampai Perguruan Tinggi, dan juga staf pengajar PTN yang terjun ke penelitian untuk mendapatkan gelar Master atau Doktor. Kedua, Yayasan Astra Bina Ilmu (YABI) fokus menyelenggarakan institusi Pendidikan lewat Politeknik Manufaktur Astra menghasilkan profesional bidang otomotif. Ketiga, Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) fokus pada pemberian beasiswa serta pembangunan fasilitas institusi pendidikan. Keempat, Yayasan Karya Bakti United Tractors (YKB UT) mengemban visi sebagai lembaga pendidikan keterampilan mekanik dan alat berat terbaik dunia. Kelima, Yayasan Astra Lego Lestari (YALL) memiliki visi menjadi satu sekolah terbaik di wilayah kelapa sawit. Keenam, Yayasan Pendidikan Astra Michael- D.Ruslim (YPA-MDR), visi membantu meningkatkan kualitas sekolah pra-sejahtera.

Sampai saat ini tercatat dengan YPA-MDR Astra sudah membangun 50 sekolah. 20 Rumah Pintar (Rumpin) tersebar di seluruh Indonesia. Astra juga jadi satu-satunya perusahaan swasta Indonesia yang peduli pada Pendidikan Anak Usia Dini. Mulai tahun 2010 Astra melakukan pembinaan pada 72 PAUD di Jabotabek.

Rumah pintar ASTRA Kecamatan Donorojo Kabupatan Pacitan
Pola pembinaan PAUD Astra fokus pada pengembangan kurikulum PAUD tematik, pengembangan inovasi pengajaran, pendampingan manajemen dan juga administrasi PAUD tergolong dalam pembinaan Software. Dalam kelompok ‘brainware’ Astra meningkatan kompetisi pendidik, peningkatan pengetahuan parenting, serta pembinaan masyarakat dalam mengasuh dan melindungi anak. Kelompok ‘hardware’ Astra membangun gedung PAUD serta menyediakan sarana belajar edukatif.

Kontribusi ASTRA di Bidang Lingkungan
Untuk lingkungan Astra sudah melakukan penanaman pohon 3,5 juta pohon, 5000 diantaranya kerjasama dengan Green Radio pada program adopsi pohon di Kampung Sarongge, Provinsi Jawa Barat. Astra juga memperlihatkan kepeduliaannya di ekosistem pantai Indonesia yang mulai rusak dengan menanam 832.046 Mangroove yang tersebar seluruh Indonesia. Selain itu pada daerah Babakan Madang Sentul, bersama Perhutani Astra melakukan pembangunan Hutan Wisata edukatif.

Mendukung program pemerintah demi kelestarian lingkungan, Astra berperan aktif dalam mendirikan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA). Tercatat sampai saat ini Astra sudah membangun 5 RPTRA di Jakarta Utara.


Peresmian RPTRA Tanjung Elang Berseri di Pulau Pramuka
Astra kreatif mengajak masyarakat menghijaukan Indonesia selain membuat Astra forest serta Hutan Kota di 11 lokasi. Astra juga aktif menyelenggarakan Astra Green Run (AGR) sejak 4 tahun lalu.

Kontribusi ASTRA di Bidang Kesehatan
Pilar kesehatan Astra sudah mengumpulkan 174.289 kantong darah dan membina 1.547 Posyandu. Telah melayani 116.093 pasien dengan pelayanan gratis Mobil Kesehatan (Mokesa) Astra. Mendonasikan 9.048 buah kaca mata.

Tidak berhenti sampai di situ, Astra telah membuat Kampung Berseri Astra (KBA) pada 30 Lokasi. Satu di antaranya Kampung Keputih Tegal Timur, Sukolilo, Surabaya. Awalnya kampung ini dikenal dengan tumpukan sampah bertebaran serta berdampingan dengan rumah warga, lahan untuk bertanam sudah tak ada lagi. Bau tak sedap serta minimnya pasokan air bersih jadi warna kampung ini. Namun sejak 2013 silam, mengubah warna kampung ini jadi lebih berseri.

Program yang ditawarkan KBA di Kampung Keputih ini yaitu water treatment plant, (mengolah air sungai jadi air bersih), penataan lingkungan dengan penanaman produktif, recycle air wudhu, bank sampah, rumah hijau (tempat pembuatan pupuk kompos sebagai sarana penghasilan warga) dan rumah pintar (tempat berkarya ibu-ibu untuk membuat kerajinan tangan)

Peresmian Kampung Berseri Astra Surabaya
Melalui program KBA tersebut ketika berkunjung ke Kampung Tegal Putih bukan lagi onggokan sampah yang menjadi perhiasan mata namun kawasan bersih yang dihiasi oleh rambatan pohon markisa di sepanjang jalan dan tanaman obat-obatan. Tidak ada lagi bau yang tidak sedap ataupun kekurangan pasokan air bersih.