Jumat, 16 November 2018

Semangat Membangun Kampung Berseri ASTRA Sungai Jawi Pontianak


 

Kampung Berseri Astra Sungai Jawi Pontianak
Satu di antara kampung berseri Astra ada di Kampung Berseri Astra Sungai Jawi, Pontianak Kalimantan Barat. Seiring berjalannya waktu kampung yang ada sekitar Sungai Jawi dari pusat kota didiami para perantau dari beragam suku di Indonesia, satu di antaranya Jawa dan Madura yang membaur dan juga menjaga keharmonisan dalam bermasyarakat pada kampung ini. Hadirnya Astra telah memberikan dampak besar kepada masyarakat satu di antaranya perbaikan dan juga penataan jalan di kampung yang bernama Kampung Astra Berseri dan luas wilayahnya 221.000 m².

Menurut Riyan sebagai Ketua KBA Sungai Jawi di program kampung Astra Berseri ini, Astra Group telah memberikan kontribusi sosial pada 4 sektor yakni pendidikan, kesehatan, lingkungan dan juga kewirausahaan. Di sektor kewirausahaan (UKM), masyarakat diberikan modal contohnya alat produksi dan mereka dibimbing dalam produksi.


Misalnya di usaha Pak Mawardi yaitu OPAK INDAH, beliau bersama istrinya (Ponirah) mengelola usaha kerupuk opak yang berjalan sejak tahun lalu. Opaknya dijadikan oleh-oleh dijual dengan harga terjangkau, beliau menjualnya ke pasar, ke rumah-rumah hingga ke rumah makan. Penjualan ramai saat bulan puasa. Bukan hanya opak yang diproduksi di UKM OPAK Indah ini, ada juga rengginang yang dijual mentah maupun sudah digoreng.

Dalam upaya menciptakan masyarakat peduli lingkungan, Astra memberikan kontribusi di sektor lingkungan contohnya pembuatan mural di dinding beberapa lokasi di Kampung Berseri Astra dan juga mengembangkan kebun TOGA Margo Indah.

Di sektor kesehatan di Kampung Berseri Astra Sungai Jawi ada pendampingan posyandu dan setiap bulan ada penimbangan bayi dan juga pemberian vitamin di Posyandu Peduli Bangsa. Pengecatan ulang dinding di lokasi posyandu serta kebun TOGA di RW 16 secara gotong-royong bersama warga dengan material Affco.

Kampung berseri Astra RW 016, 022 serta 023 Kelurahan Sungai Jawi ini juga adalah target Astra bersama pemerintah Kalimantan Barat dalam membangun kampung jadi wilayah yang bersih, sehat, cerdas, serta produktif sehingga bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Hadirnya Astra di program CSR ini banyak membantu masyarakat yang ada di kampung tersebut. Masyarakat jadi dapat hidup lebih baik lagi, mereka juga hidup lebih mandiri.


Di sini juga ada plang gerakan “Indonesia, Ayo Aman Berlalu Lintas” yang merupakan bentuk kepedulian PT Astra International Tbk mengajak masyarakat membudayakan keselamatan saat berlalu-lintas.

Astra Group Kalbar juga sedang mejajaki kerja sama dengan Universitas Tanjungpura demi pengembangan Kampung Berseri Astra Sungai Jawi lebih lanjut, harapannya tahun 2019 akan menambah wirausaha baru yang muncul di KBA ini. Dengan inspirasi 61 tahun Astra yang turut dalam berkontribusi sosial membangun Indonesia, Grup Astra berharap masyarakat untuk menjaga keharmonisan dalam keberagaman dan juga ikut termotivasi terus membangun Indonesia dengan semangat kampung Indonesia.

PT ASTRA Internasional perusahaan yang berkembang pesat di Indonesia. Bisnisnya sudah melebarkan sayap sampai Astra saat ini mempunyai 218.773 karyawan di 212 anak perusahaan, perusahaan asosiasi dan juga pengendalian bersama entitas yang jalankan 7 segmen usaha, yaitu: Otomotif, Agribisnis, Infrastruktur dan Logistik, Jasa Keuangan, Alat Berat dan Pertambangan, Teknologi Informasi dan Properti.


Satu Indonesia ASTRA

ASTRA Internasional melalui program CSR (Corporate Social Responsibility-CSR) terdiri dari 4 pilar, yaitu: Pendidikan, Lingkungan, Kesehatan dan juga Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat. Dengan adanya hal ini, pemerintah bisa memetakan lokasi sehingga bisa mendapatkan bantuan yang tepat sasaran.

4 Pilar CSR ASTRA
Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (SATU Indonesia) adalah benuk langkah nyata dari Grup Astra untuk berperan aktif, dan juga memberikan kontribusi untuk meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia lewat karsa, cipta serta karya terpadu untuk memberikan nilai tambah untuk kemajuan bangsa Indonesia. Prinsipnya di mana saja instalasi Astra berada, harus dapat berbagai manfaat. Inspirasi 61 tahun ASTRA di tahun 2018 ini jadi tonggak luar biasa bagi ASTRA demi berbagi inspirasi

Salah satu CSR yang benar-benar berhasil dari ASTRA yaitu kampung berseri. Program Kampung Berseri dari ASTRA yang mewujudkan kampung sehat, cerdas dan juga produktif. Ini sangat sesuai dengan program pemerintah pusat yang sangat ingin menggerakkan Indonesia lewat pengelolaan desa yang benar-benar kuat. Banyak gerakan yang sudah dilakukan pemerintah sebelumnya, mulai dana hibah pemerintah pusat 1 Milyar pertahun, sarjana yang kembali ke desa, pengembangan daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar). ASTRA tahu bagaimana cara mendukung pemerintah melalui Kampung Berseri ASTRA.

Kampung Berseri ASTRA

Program Kampung Berseri ASTRA sudah dilaksanakan dibanyak titik di seluruh Indonesia. Dampak positif tentu diharapkan dan berjalan dengan harapan PT ASTRA Internasional sesuai dengan 4 pilar pentingnya, yakni pendidikan, lingkungan, kesehatan, dan pemberdayaan usaha kecil serta menengah (UKM). Untuk mewujudkan 4 pilar itu diperlukan perencanaan matang supaya kegiatan ini bisa berjalan baik dan terus dievaluasi sampai 5 tahun mendatang. ASTRA terus mengawal supaya program ini berhasil dengan sebaik mungkin.


Program Kampung Berseri Astra membangun kerja sama dan juga berkoordinasi dengan warga demi membentuk tim kader pada tiap RT sebagai langkah awalnya. Dari segi lingkungan, melakukan penghijauan serta membuat lingkungan menjadi lebih bersih. Dari segi pendidikan, komunitas Astra berbagi ilmu merupakan satu di antara contohnya. Ilmu yang dibagikan mengenai safety riding. Simulasi safety riding bertujuan agar pengendara dapat lebih bijak saat berkendara dan juga mengutamakan keselamatan mereka. Rumah pintar dibangun untuk peningkatan ilmu, menunjang pendidikan dan juga pengetahuan warga.

Dalam sisi kesehatan, rencana awal yang dilakukan yaitu sosialisasi menggosok gigi benar an juga mendampingi posyandu supaya bisa beroperasi dengan maksimal mungkin. Sedang dalam pemberdayaan UKM, perencanaan yang dilakukan yaitu pembinaan dan memberikan pengarahan mengenai tata cara untuk membuat data yang benar.

Tahun lalu, program Kampung Berseri ASTRA telah mengembangkan bank sampah dan juga instalasi pengelolaan air bersih. Proses penghijauan terus dilakukan sebagai bentuk untuk mengurangi pemanasan global. Promosi mengenai kebersihan serta keindahan kampung akan terus dilakukan. Banyak hal yang dapat dieksplorasi dari kampung seperti keindahan yang berpotensi sebagai pusat pariwisata.

Pembangunan di kampung bukan hanya fisik tetapi sumber daya alam dan juga sumber daya manusianya. Pembangunan menyeluruh melibatkan pemerintah dan juga swasta serta masyarakat kampung tentu mewujudkan pondasi kuat untuk kemajuan kota sendiri.

DAFTAR KAMPUNG BERSERI ASTRA
Kampung Wisata
Kampung Berseri Astra Wisata adalah Kampung yang menyajikan keseluruhan suasana yang mencerminkan keaslian perkampungan, baik dari bagian kehidupan sosial ekonomi, sosial budaya, adata istiadat dan juga keseharian.

Kampung Hijau
Kampung Berseri Astra Hijau adalah perkampungan yang mempunyai lingkungan hijau yang asri serta sehat, juga menerapkan program tentang pelestarian fungsi lingkungan baik di komponen lingkungan (biotik dan abiotic) maupun sosial ekonomi, pendidikan dan juga budaya serta kesehatan masyarakat.

Kampung Produktif
Kampung Berseri Astra Produktif adalah konsep kampung mandiri yang bisa jadi pusat pembelajaran serta memenuhi kebutuhan sendiri lewat kegiatan produktif dan juga meningkatkan kualitas hidup pada bidang pendidikan, lingkungan, kesehatan serta pemberdayaan ekonomi.

Kampung Cyber
Kampung Berseri Astra Cyber adalah suatu konsep Kampung modern yang memanfaatkan perkembangan Teknologi dan Informasi dalam tiap komponen kehidupan Kampung, mulai dari yang memiliki kaitan dengan administrasi Kampung, interaksi sosial, kehidupan ekonomi, pendidikan dan juga budaya.

Kampung Budaya
Kampung Berseri Astra Budaya adalah Kampung yang memiliki potensi adat, tradisi, kesenian, kerajinan, arsitektur, dan juga tata ruang yang nyata ditampilkan di kehidupan sehari-hari serta masyarakat kampung berupaya nyata melestarikan dan juga mengembangkannya.

Tentang Kampung Berseri Astra
Kampung Berseri Astra adalah program Kontribusi Sosial Berkelanjutan Astra yang diimplementasikan untuk masyarakat dengan mengusung konsep pengembangan yang mengintegrasikan 4 pilar program yakni Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan dan Kesehatan.

Lewat program Kampung Berseri Astra ini masyarakat serta perusahaan bisa berkolaborasi untuk mewujudkan wilayah yang tentu saja bersih, sehat, cerdas dan juga produktif sehingga bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang berada di wilayah Kampung Berseri Astra.
Untuk menentukan dan juga memilih calon Kampung Berseri Astra (KBA) ada beberapa tahapan yang dilewati, antara lain:
  1. Koordinasi perusahaan Grup Astra
  2. Pembentukan tim KBA
  3. Koordinasi dengan pemerintah daerah
  4. Social mapping
  5. Penentuan lokasi KBA
  6. Penyusunan rencana program
  7. Komitmen bersama dan kick-off program KBA